Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 24 Januari 2009

VISUAL IDENTITY PARTAI DEMOKRAT


PENDAHULUAN


Citra dan reputasi partai adalah salah satu unsur utama bagi sebuah partai dalam usahanya untuk mewujudkan cita-cita mereka. Oleh karena itu, membangun reputasi dan citra partai yang sesuai dengan visi dan misi yang termuat dalam AD/ART adalah kewajiban bagi seluruh anggota partai dan simpatisannya tanpa terkecuali. Salah satu faktor penting pendukung citra dan reputasi partai tersebut adalah hadirnya identitas partai yang bisa berupa logo, teks atau akronim, warna dan elemen visual lain yang merepresentasikan sejarah, eksistensi, kepercayaan, filosofi, teknologi, sumber daya manusia, nilai-nilai etis dan kultural, strategi partai serta unsur penting lainnya.

PENJELASAN LOGO PARTAI DEMOKRAT

1. Elemen LOGOGRAM

Lambang Tristar
Partai Demokrat memiliki lambang berupa gambar bintang, bersinar tiga arah dengan warna merah putih pada kedua sisinya dengan latar belakang warna biru tua dan biru laut.
Bintang Merah Putih bersegitiga bermakna suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari tiga wawasan :
  1. Nasionalis-Religius : yang bermakna wawasan nasionalis, serta sekaligus bermoral agama.
  2. Pluralisme : yang bermakna mengakui dan menghargai serta merangkul berbagai dan semua ras, suku bangsa, profesi, jenis kelamin, agama dan kepercayaan terhadap TUHAN YANG MAHA ESA, serta keberadaan ciri khas setiap daerah yang menyatu sebagai Bangsa Indonesia.
  3. Humanisme : yang bermakna mengakui dan menjunjung tinggi nilai dan martabat perikemanusiaan yang bersifat hakiki dan universal, sebagai bukti bahwa Bangsa Indonesia adalah bagian yang integral dari masyarakat dunia.
Bendera
Warna Biru Laut yang terdapat di tengah, melambangkan kesejukan penuh kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam perjuangan dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa.
Warna Biru Tua yang terdapat pada bagian atas dan bawah, melambangkan bahwa dalam memperjuangkan dan mengupayakan terwujudnya cita-cita bangsa, maka bersikap tegas, mantap, percaya diri dan penuh optimisme yang senantiasa menjadi ciri utama yang harus dianut semua unsur bangsa dan masyarakat.

2. Makna LOGOGRAM

Warna Merah Putih di masing-masing sisi bintang dengan latar belakang Biru Laut, arti warna Merah Putih adalah kebangsaan atau nasionalisme, dan warna biru berarti Humanisme di tengah pergaulan masyarakat bangsa-bangsa di dunia atau internasionalisme, yang merupakan wawasan Partai Demokrat.

Warna dasar Biru Laut, seperti halnya samudra yang membentang luas sebagai terminal akhir bagi aliran dan muara dari berbagai sungai yang membawa segala macam limbah, membaur dan menyatu menjadi jernih, namun terlihat berwarna kebiruan, tenang, damai, demikian pula halnya Partai Demokrat, tampil sebagai partai politik yang mampu menghimpun segenap warga Negara Indonesia untuk hidup bersama dan berdampingan secara damai, dan saling menghormati antar sesama anak bangsa yang memiliki keanekaragaman suku, agama, ras dan golongan.

PENJELASAN SLOGAN/TAGLINE PARTAI DEMOKRAT

Partai Demokrat sebagai partai yang lahir dari rakyat dan berkembang besar karena dukungan rakyat, menyadari sepenuhnya bahwa peran dan simpati dari rakyat sebagai kekuatan utama partai. Berangkat dari fenomena ini maka Partai Demokrat memilih slogan/tagline "Berjuang untuk Rakyat" sebagai satu-satunya slogan/tagline partai yang diangkat pada masa kampanye 2009 sekarang.

Slogan/tagline "Berjuang untuk Rakyat" dianggap tepat untuk melanjutkan slogan/tagline Partai Demokrat yang sebelumnya yaitu "Nasionalis - Religius" karena berbagai alasan kuat sebagai berikut :
  1. Slogan/tagline "Berjuang untuk Rakyat" mampu menunjukkan keberpihakan dan tekad Partai Demokrat untuk terus berjuang bersama-sama dengan seluruh rakyat sekaligus mengutamakan kepentingan rakyat di atas segalanya.
  2. Semangat slogan/tagline "Berjuang untuk Rakyat" sangat sesuai dengan visi partai yang termuat dalam AD/ART yaitu bersama masyarakat luas berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia agar mencapai pencerahan dalam kehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, menjunjung tinggi semangat Nasionalisme, Humanisme dan Internasionalisme, atas dasar ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam tatanan dunia baru yang damai, demokratis dan sejahtera.
  3. Slogan/tagline "Berjuang untuk Rakyat" mampu menggambarkan apa yang telah diperjuangkan oleh pemerintahan Presiden SBY yang jelas merupakan kader utama dari Partai Demokrat, sekaligus menunjukkan tekad dan dukungan untuk melanjutkan perjuangan tersebut pada periode yang akan datang.
PENJELASAN NOMOR URUT PARTAI DEMOKRAT

Angka 31 adalah nomor urut resmi Partai Demokrat sebagai partai peserta Pemilu 2009 yang diperoleh oleh Partai Demokrat berdasarkan keputusan dari KPU yang ditentukan secara undian.

Selanjutnya angka 31 ini akan menjadi angka identitas resmi Partai Demokrat yang selalu menyatu dengan bendera dan logo Partai Demokrat khususnya pada periode Pemilu 2009.

Sumber : Visual Identity Manual Partai Demokrat oleh foxindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar